Jumat, 01 April 2011

Sejarah dari RPG Game SUIKODEN

Pada awalnya, hanya ada "kegelapan."
Lalu, "kegelapan" mulai meneteskan "air mata."
Dari "air mata" itu, kakak beradik Sword dan Shield lahir.
Shield mengklaim bahwa dia bisa menahan semua serangan.
Sword mengklaim bahwa dia bisa memotong semua benda.
Kakak beradik itu memulai pertarungan yang menjadi legenda.
Pada akhirnya, baik Sword dan Shield terpecah.
Sword menjadi langit, Shield menjadi bumi, dan percikan dari pertarungan tersebut menjadi bintang.
Lalu batu-batu permatanya, jatuh ke tanah dan menjadi True Rune-- Rune yang menjadi awal kelahiran rune lainnya.

Menjadi dasar Suikoden World yang memperbolehkan keberadaan alam semesta, True Runes adalah Tuhan di Suikoden World. Seluruh perasaan ada pada dirinya sendiri, setiap True Rune memiliki kekuatan yang tak terbatas dan menyebabkan banyak perang di masa lalu. True Rune sering dicari demi mendapatkan kekuatan yang menyebabkan pemiliknya abadi. Seluruh pemilik True Rune berhenti tua dan kebal terhadap segala penyakit serta kematian yang disebabkan hal-hal natural lainnya, namun tetap saja mereka bisa meninggal yang disebabkan hal fisik, seperti kecelakaan atau pembunuhan.

Tidak seorangpun tahu darimana True Runes berasal, namun legenda mengatakan bahwa 27 True Runes tercipta saat kakak beradik, "Sword" dan "Shield" saling bertengkar, sehingga terpecah menjadi 27 bagian.

Semua True Runes mewakili kekuatan tertentu, dan membawa manfaat serta kutukan kepada pemiliknya, seperti tidak pernah tua, dimana bisa menjadi manfaat dan kutukan yang luar biasa. Selanjutnya, perasaan True Rune, atau ego, bisa membuat kewalahan pemilik yang masih pemula dan tidak tahu cara menguasai True Rune miliknya. Ini bisa menghasilkan pemutarbalikkan hubungan "tuan-pelayan", membuat pemilik True Rune menjadi sebuah kapal yang dikendalikan True Rune demi mencapai tujuannya.

Semua True Rune mempunyai tujuan masing-masing, dan tujuan ini cenderung dikejar tanpa pertimbangan moral dikarenakan fakta bahwa True Runes adalah kekuatan alam. True Runes bisa menyebabkan pemiliknya menyelamatkan nyawa, tapi bisa juga membuat pemiliknya membunuh ribuan orang yang melawan keinginan pemilik rune jika ia satu tujuan dengan rune tersebut.

True Runes bisa berubah-ubah pikiran, dan bisa meninggalkan pemiliknya sewaktu-waktu untuk melayani yang lainnya, dan jika pemiliknya meninggal, rune cenderung akan menghilang dan bersembunyi (baik di bawah bumi atau didasar lautan) sampai rune tersebut merasa mau muncul kembali. Seseorang tidak bisa memegang lebih dari satu True Rune, tapi rumornya ada rahasia yang bisa membuat seseorang bisa memegang lebih dari satu True Rune.


Beast Rune
Pemilik sekarang: Tidak diketahui
Pemilik sebelumnya: L'Renouille Palace
Sebuah True Rune yang menggambarkan kemarahan dan nafsu binatang; rune ini secara resmi diberikan kepada keluarga Blight oleh High Priest Sasarai. Namun, pada kenyataannya Beast Rune menolak dipegang oleh Harmonia dan tinggal di L'Renouille Berdasarkan kemauannya. Harmonia menyembunyikan kenyataan ini dan mengklaim bahwa ini adalah hadiah, dan digunakan sebagai peralatan politik. Sejak saat itu, Beast Rune menempati dan tidak aktif didalam L'Renouille sampai Luca Blight tertarik terhadap kekuatannya. Setelah Beast Rune diketahui sebagai senjata perang, banyak sekali jumlah darah yang dikorbankan, membangunkan berbagai macam "sanak keluarga Beast Rune" dalam bentuk serigala emas. Serigala ini menyebabkan kebingungan pada Allied Forces saat ingin mengambil kembali Muse--kota itu sudah dipenuhi dengan serigala emas. Pada saat pengepungan di L'Renouille, Beast Rune berubah wujud menjadi serigala perak dan menantang pasukan sekutu pada pertarungan terakhir. Setelah dikalahkan, tidak diketahui apa yang terjadi pada Beast Rune.

Rune of Beginning
Pemilik sekarang: Riou
Pemilik sebelumnya: Tidak diketahui
Sebuah True Rune yang menggambarkan "permulaan lahirnya kekacauan" yang melekat pada waktu awal penciptaan. True Rune ini terpisahkan menjadi 2 komponen-- Bright Shield dan Black Sword runes, dan pemilik 2 True Runes tersebut dipisahkan oleh kekuatan rune untuk saling bertarung sampai tinggal satu yang bertahan untuk mendapatkan komponen yang satunya. Para ilmuwan masih bimbang Black Sword dan Bright Shield sama dengan "sword" dan "shield" yang ada di legenda penciptaan, dan tidak seorangpun tahu apa sebenarnya kekuatan Rune of Beginning. Namun, ada yang mengatakan bahwa pemiliknya diberikan kekuatan untuk "menghakimi perang."

Black Sword Rune
Pemilik sekarang: Jowy
Pemilik sebelumnya: Han Cunningham
Black Sword Rune adalah salah satu komponen dari Rune of Beginning. Menggambarkan kekuatan untuk menyerang saat diperlukan saat "permulaan," rune ini mengandung tenaga untuk menghancurkan. Kebanyakan kekuatannya muncul dalam wujud pedang, dan semua manteranya mengeluarkan serangan yang menyakitkan dengan pedang gaib.

Bright Shield
Pemilik sekarang: Riou
Pemilik sebelumnya: Genkaku
Bright Shield Rune juga merupakan salah satu komponen Rune of Beginning. Menggambarkan kekuatan untuk melindungi "permulaan," rune ini mengandung kekuatan untuk bertahan yang sangat dashyat. Kebanyakan manteranya untuk menyembuhkan pemiliknya dan orang di sekeliling pemilik akan menjadi bersemangat. Juga ada yang mengatakan bahwa orang yang dekat dengan rune ini tidak akan mati walaupun pada saat menderita luka yang dapat membunuh mereka.

Blue Moon Rune
Pemilik sekarang: Sierra
Pemilik sebelumnya: Sierra, Blue Moon Village, Neclord
True Rune yang melambangkan keharuan dan kehancuran, rune ini juga mengubah pemiliknya menjadi seorang vampire. Rune ini mempunyai kutukan yang sangat besar, dia akan mengontrol pemiliknya sampai sang pemilik bisa mengontrol rune tersebut. Saat Sierra Mikain menjadi milik rune ini, dia mengakhiri dengan pembunuhan yang membabi-buta, memaksa dia untuk mengasingkan diri ke hutan agar tidak melukai orang lain. Setelah dia sudah bisa mengontrol rune miliknya, berarti dia juga sudah bisa memasuki kekuatan keharuan, yang berakibat menggerakan hatinya agar mengurangi kebiasaannya meminum darah manusia. Hal ini yang memimpin menuju penciptaan Blue Moon Village, dimana Sierra hidup dengan mereka yang sudah bisa membuang masa lalunya, seperti Rean Penenberg dan Neclord. Setelah itu, Sierra melepaskan Blue Moon Rune dari dirinya dan meletakkan di altar yang berada di tengah desa. Namun, Neclord, mengambil rune tersebut karena nafsunya, lalu pergi, mencuri keabadian dari yang lain termasuk Sierra. Beberapa penduduk pergi untuk menyokong keabadiannya dengan cara lama yaitu meminum darah orang lain.

Walaupun Sierra kehilangan Blue Moon Rune, tapi tetap rune-nya mengenali dia sebagai pemiliknya.

Neclord menggunakan Blue Moon Rune saat Dunan Unification War untuk mengambil alih Tinto. Ia melepaskan kekuatan rune tersebut dengan mengorbankan 100 nyawa, tapi kekuatan aslinya belum diketahui.


Rune of Change
Pemilik sekarang: Tidak diketahui (Pemimpin Sindar)
Pemilik sebelumnya: Tidak diketahui
True Rune ini mewakili perubahan yang mempengaruhi seluruh alam semesta. Kekuatan dan letaknya masih merupakan sebuah misteri. Tetapi, ada yang mengatakan bahwa Pemimpin Sindar memegang rune ini, memaksa Sindar untuk terus berpindah-pindah tempat sebagai kutukannya. Tetap saja, ada yang mengatakan lagi bahwa Sindar akhirnya menemukan "kota abadi" setelah pengembaraan abadi mereka.

Circle Rune
Pemilik sekarang: Hikusaak
Pemilik sebelumnya: Tidak diketahui
Sebuah True Rune yang melambangkan perintah dan stagnasi, tidak banyak yang diketahui tentang rune dan pemilik rune ini. Holy Kingdom of Harmonia diber nama setelah rune ini membawa kedamaian dan keharmonisan. Namun, ilmuwan membantah bahwa kekuatan stagnasi merata saat ini, alasan mereka pada perkembangan Harmonia. High Priest Hikusaak, pemilik rune ini, juga dirumorkan menghilang sejak Solis 230, menyebabkan perang sipil.

Dragon Rune
Pemilik sekarang: Milia
Pemilik sebelumnya: Joshua Levenheit
Dragon Rune yang mengijinkan naga tetap ada di dunia ini. Dimiliki oleh Joshua Levenheit selama 2 abad, pemilik rune ini memegang tangung jawab yang amat besar, jika pemilik rune ini meninggal berarti semua naga juga akan mati. Karena alasan inilah, kapten Dragon Knight jarang sekali berganti.

Rune ini juga menyebabkan pemiliknya untuk mengontrol naga, bahkan jika naga itu sudah mati. Kekuatan rune ini bergantung pada kemauan pada pemiliknya sendiri, yang berarti para naga bisa saja tidak menuruti pemilik rune jika bermental rendah.

Tidak diketahui mengapa para naga tidak bisa bertahan tanpa bantuan Dragon Rune. Tetapi, diketahui jika ada naga yang mengalami kesakitan yang luar biasa mereka dapat menciptakan portal untuk kembali ke rumah mereka, "World of Wings and Scales."

Sudah dikonfirmasi bahwa rune ini dipegang oleh Millia saat dia diangkat menjadi kapten.


Eightfold (Yafusa/Hachifusa) Rune
Pemilik sekarang: Yuber
Pemilik sebelumnya: Tidak diketahui
Dimiliki oleh Yuber, tidak seorangpun tahu apa kekuatan yang rune ini pegang. Para ilmuwan membantah afinitas Yuber dengan monster dan kekuatan untuk teleportasi berasal dari rune ini, namun tidak satupun yang pasti.

Gate Rune
Pemilik sekarang: Terpisah antara bagian depan dan belakang.
Pemilik sebelumnya: Tidak diketahui
True Rune yang mempunyai kekuatan untuk menghubungkan dunia, rune ini menyimpan kekuatan yang sangat besar. Maka dari itu Gate Rune Clan, sudah melindungi rune ini selama berabad-abad. Namun, klan tersebut hancur saat invasi Harmonia pada Solis 78. Dua kakak-beradik perempuan, Windy dan Leknaat (Di Gate Rune Clan, semua anggotanya menganggap sebagai saudara kandung), membagi Gate Rune menjadi 2 bagian dan pergi melalui teleportasi. Gate Rune tidak terdengar kabarnya sampai berabad-abad sampai muncul kembali ke permukaan pada "Gate Rune Wars" saat Liberation Army bertarung melawan Scarlet Moon Empire--yang dikontrol oleh Windy.

"Bagian depan" Gate Rune masih hilang setelah lenyapnya Windy saat Hanging Gardens milik Barbarossa runtuh.


Back Gate Rune
Pemilik sekarang: N/A
Pemilik sebelumnya: Leknaat
Back Gate Rune adalah salah satu bagian Gate Rune, yang dibagi oleh Windy dan Leknaat. Setelah Leknaat berteleportasi dari kehancuran klannya, dia akhirnya kabur ke Magician's Isle, menciptakan perlindungan yang sangat kuat untuk mencegah siapapun yang mau mengambil rune-nya. Saat pertarungan terakhir Gate Rune Wars, Leknaat menggunakan Back Gate Rune-nya untuk mengirim pasukan monster Windy kembali ke "World of Emptiness." Namun, kekuatannya sendiri terlalu lemah untuk mengirim mereka semua kembali, dengan bantuan Dragon Rune milik Joshua Levenheit operasi ini sukses.

Front Gate Rune
Pemilik sekarang: N/A
Front Gate Rune adalah salah satu bagian Gate Rune, yang dibagi oleh Windy dan Leknaat. Setelah Windy berteleportasi dari kehancuran klannya, dia mencari kekuatan yang sangat kuat untuk membalas dendam Holy Kingdom of Harmonia. Mengetahui bahwa satu orang hanya bisa memegang satu True Rune, ia meniliti cara untuk bisa memegang dua True Rune. Demikianlah, dia mulai mencari True Rune dengan pemilik True Rune yang lain, Neclord dan Yuber. Dia menjelajah untuk mencari True Rune, ironisnya dia menggunakan cara yang sama seperti yang Harmonia lakukan kepada klannya untuk mendapatkan True Rune. Pada akhirnya, dia menemukan pemilik Rune of Life, Ted, dan mencoba untuk mengambilnya, tapi gagal. Permintaannya yang keras kepala untuk mendapatkan Rune of Life and Death secara tidak langsung menyebakan perang yang dikenal dengan Gate Rune Wars. Pada pertarungan final, Windy menggunakan Front Gate Rune-nya untuk mendatangkan 80.000 pasukan monster dari "World of Emptiness." Namun, monsternya dikirim kembali oleh Leknaat dan Joshua Levenheit. Pada akhirnya, dia mati saat Barbarossa jatuh dari balkon "Floating Garden," membawa Windy jatuh bersamanya. Setelah itu, rune tersebut menghilang, masih ada kemungkinan Windy masih hidup.

Rune of Life and Death
Pemilik sekarang: Tir McDohl
Pemilik sebelumnya: Kakek Ted, Ted, Pemandu kapal berkabut
Lebih dikenal sebagai "Souleater," rune ini melambangkan dua sifat yang tidak bisa dilepaskan, kehidupan dan kematian. Rune ini disimpan oleh Village of the Hidden Rune sampai pada Solis 150 saat Windy, bersama dengan Neclord dan Yuber, menghancurkan desa tersebut. Rune itu pindah dari tangan Kakek Ted ke Ted, dan Ted mulai mengembara. Akhirnya, karena kutukan Rune dan penyimpangan sosial yang dibawa rune tersebut, Ted menerima tawaran Pemandu kapal berkabut misterius untuk menyerahkan rune-nya dan meghilang dari peredaran. Pengasingannya berlanjut hingga beberapa tahun, namun saat dia melihat aksi pemilik Rune of Punishment (rune yang memiliki kutukan berat lainnya) Ted memutuskan untuk meninggalkan Kapal berkabut dan muncul kembali ke peredaran. Pemandu kapal berkabut tersebut enggan berpisah dengan Souleater dan bertarung demi mendapatkannya dan Rune of Punishment. Setelah pemandu tersebut kalah Ted memperoleh kembali rune-nya dan membantu pemilik Rune of Punishment dalam perang antara Island Nations melawan Kooluk. Tetapi, setelah konflik selesai Ted kembali melanjutkan kehidupan mengembaranya.
Setelah pengembaraannya yang panjang, dia berteman dengan putra Jendral Teo McDohl, Tir. Setelah Windy mengetahui Ted memegang Souleater, dia diserang oleh Windy. Untung saja dia masih sempat kabur dengan nyawanya, Ted memohon Tir untuk menjadi pemilik Souleater selanjutnya, dan Tir menerimanya. Setelah itu, sudah ditakdirkan orang disekeliling Tir akan diseret pada sarang kematian, dimulai dengan Odessa Silverberg, lalu Gremio, Teo McDohl, bahkan mantan pemiliknya Ted. Namun, ini tidak pasti apakah jika satu nyawa dihisap berarti kematian, namun jiwa yang sudah mati tersebut akan tetap hidup bersama dengan pemilik Souleater.

Night Rune
Pemilik sekarang: Edge
Pemilik sebelumnya: Viktor
Sebuah True Rune yang melambangkan "kekuatan malam", rune ini yang mengijinkan "para makhluk malam," seperti zombie, skeleton, dan vampire tetap eksis, namun juga bisa dalam sekejap membuat mereka keluar dari ke-eksisan-nya, dimana cara normal tidak dapat melakukannya. Aslinya rune ini dilahirkan bersamaan dengan Sun Rune, yang memerintah cahaya. Cahaya luar biasa milik Sun Rune menganggu Night Rune, yang akhirnya memutuskan hubungan dua rune ini. Setelah akhirnya menjadi pedang, dasar dan keberadaan rune ini menjadi misteri. Beberapa kali pedang ini muncul dalam kejadian-kejadian penting dalam sejarah. Vampire orisinil, Sierra Mikai, diketahui terlibat dengan rune ini, dalam wujud lain. Zerase, pemilik Star Rune (sebuah karangan oleh Night Rune yang aslinya tidak diketahui), sangat mengerti dan bersahabat dengan rune yang berbentuk pedang ini. Sebagai pedang Zodiac, dia beristirahat di Qlon Temple, Toran untuk beberapa saat, sampai akhirnya ditemukan dan digunakan oleh tentara bayaran yang berkelana, untuk digunakan melawan vampire Neclord. Night Rune menang dan akhirnya diketahui bahwa yang dikalahkan bukan Neclord melainkan kloningnya saja, akhirnya rune ini mengambil bagian lagi untuk menghancurkan vampire ini, di Tinto. Setelah berkelana dengan Viktor, pedang ini diserahkan kepada Edge untuk membantunya mengalahkan vampire lainnya, dan pedang tersebut dipegangnya setelah itu.

Rune of Punishment
Pemilik sekarang: Lazlo
Pemilik sebelumnya: Seseorang yang dikubur di rertuntuhan Obel, Ratu Obel, putra Graham Cray, Graham Cray, Suami Rikie, Brandeau, Glen Cott
True Rune yang melambangkan tobat dan pengampunan dan selalu ada di tangan kiri pemiliknya; rune ini adalah parasit yang memakan pemiliknya dengan konsekuensi yang fatal: rune ini memiliki kekuatan menyerang yang sangat kuat; namun, menggunakannya berarti menghisap nyawa pemiliknya, akhirnya ia akan menjadi debu dan memori mereka akan terkunci didalam rune ini; Rune tersebut akan ter-transfer ke orang terdekat. Sementara masih dipercayai bahwa Rune of Punishment akan memberikan kemampuan standar seperti awet muda; tidak ada catatan pemilik sebelumnya bertahan cukup lama untuk memgang rune ini menurut isu.
Rune ini disegel di Obel setelah pemiliknya meninggal dan tidak ada orang yang berpotensi untuk memegang rune ini; rune tersebut tetap berada di reruntuhan sampai akhirnya ditemukan oleh ratu Obel. Dia melawan dengan memanggil rune untuk digunakan saat bajak laut menyerang anak dan kerajaannya. Sejak saat itu rune ini terus berpindah-pindah tangan berkeliling daerah menyebabkan kematian bagi pemiliknya dan kehancuran bagi sekelilingnya; tidak peduli seberapa banyak mereka melawan, takdir terjadi dan menempatkan pemiliknya dalam situasi dimana akhirnya mereka harus menggunakan rune-nya untuk menyelamatkan diri mereka sendiri atau orang lain. Salah satu insiden terjadi di perbatasan desa antara Kooluk dan Scarlet Moon Empire: beberapa bangsawan Scarlet Moon berpakaian seperti penjarah dari Kooluk dan menyerang kota untuk mendukung terjadinya perang; lalu pemilik rune ini (yang waktu itu adalah anak kecil) melepaskan kekuatannya dan para bangsawan, beserta desa tersebut, binasa. Pemilik terpilih selanjutnya [Graham Cray] adalah ayah dari pemilik sebelumnya, dan untuk kabur dari kutukan rune tersebut dia memotong tangan kirinya; tindakannya menyelamatkan dirinya dari rune tersebut, tapi setelah itu ia menghasilkan sebuah fiksasi dari kekuatan yang sudah ia buang. Rune ini terus melanjutkan lingkaran kematian dan kehancuran, kembali ke Island Nations dimana mengklaim hidup nelayan tak bersalah yang saat itu berada di tempat dan waktu yang salah, sebelum berpindah ke bajak laut yang bernama Brandeau. Mengetahui takdir terhadap orang didekatnya, Brandeau mengisolasi dirinya sendiri dari teman-temannya dan menggunakan kru untuk kapalnya dengan orang asing; namun pada saat misi pembajakan berlangsung buruk dan ia menggunakan rune-nya untuk kabur, dan melihat seorang anak muda masih hidup yang sebelumnya mengalahkan dia saat pertarungan lalu ia menyangka bahwa anak muda itulah yang akan menjadi pemilik selanjutnya. Namun dugaan dia salah, tiba-tiba Glen Cott datang lalu Brandeau meninggal. Glen kembali ke rumahnya di Razril tapi ia tidak memiliki rune ini lama karena ia terpaksa mengunakan rune-nya saat melawan armada musuh; meskipun dia berusaha untuk menjauhkan semua orang darinya, keadaan yang terlihat Lazlo dekat dengan tubuh Glen saat ia mati dan rune-nya ter-transfer kepadanya.
Dibuang dari Razril karena dianggap bertanggung jawab atas kematian Glen, Lazlo terlibat dalam perang saat perluasan wilayah yang dilakukan Kooluk, lalu dilanjutkan dengan keinginan Graham Cray untuk mendapatkan Rune of Punishment kembali. Pada saat itu Lazlo bertahan walaupun sudah menggunakan kekuatan rune tersebut sebanyak empat kali;, sebelum kekuatan 108 Stars of Destiny membuat Rune melihat sedikit tahap pengampunan, dimana rune tidak akan lagi menghisap nyawa pemiliknya lagi. Sejak saat itu pemilik rune tersebut menghilang dari lembar sejarah, mengetahui dengan pasti bahwa ia sudah mati akan memutar lagi roda kematian dan kehancuran lagi.

Sovereign Rune
Pemilik sekarang: Tidak diketahui
Pemilik sebelumnya: Barbarossa
True Rune yang melambangkan kekuasaan absolut, Sovereign Rune sudah menjadi pusaka keluarga Rugner sejak Kranach Rugner mendirikan Scarlet Moon Empire. Sebelum itu, Soverign Rune dimiliki oleh Holy Kingdom of Harmonia, dan dilindungi di Holy City of Rupanda (Nantinya dinamai Gregminster). Kekuatan rune ini masih sebuah misteri, namun rune ini memberikan kekebalan terhadap semua rune, dan juga memberikan pemiliknya untuk berubah menjadi naga berkepala tiga. Barbarossa, sebagai pemiliknya, memilih untuk melekatkan rune-nya pada pedangnya yaitu Dragon King Sword. Sejak Barbarossa jatuh dari balkon kastilnya, keberadaan rune ini tidak diketahui.

Sun Rune
Pemilik sekarang: Tidak ada
Pemilik sebelumnya: Arshtat Falenas, Raja Ancient Armes Kingdom
Sebuah True Rune yang memerintah cahaya, kehangatan, dan pemeliharaan, Sun Rune merupakan salah satu dari tiga harta Falenas. Aslinya berhubungan dengan Night Rune, rune tersebut terpisah setelah Night Rune berwujud menjadi pedang dan meretakkan hubungan mereka. Saat mereka terpisah, dua bagian tersobek: Dawn dan Twilight Rune.

Sun Rune berada di dahi, dan secara perlahan membuat semua mental pemiliknya menjadi gila tanpa Dawn dan Twilight Rune untuk mengontrol gerak hati pemilik Sun Rune. Raja Ancient Armes Kingdom memiliki Sun Rune, tapi, karena kutukannya, ia menjadi gila dan menghancurkan kerajaannya sendiri, hangus, tandus, dan seperti gurun. Kekuatan Sun Rune, setelah kerajaan tersebut hancur, memelihara kembali setelah kehancuran, dan membuat tanahnya subur kembali.

Arshtat Falenas memiliki Sun Rune saat pemberontakan oleh kota Lordlake menyebabkan Dawn Rune menghilang. Ia dinasehati untuk memiliki rune tersebut oleh ahli siasat Lucretia Merces, untuk melindunginya dari siasat golongan Godwin. Namun, tanpa Dawn Rune, Dia tetap menderita gangguan mental menjadi gila seperti yang dialami raja Ancient Armes Kingdom, tapi suaminya Ferid berhasil menariknya dari kelakuan maniaknya.

Saat Arshtat dibunuh, Sun Rune kembali ke ruangan dimana ia aslinya disegel. Kepribadian asli Sun Rune tak diduga-duga, menginjinkan mereka untuk menolak sebagai pemilik selanjutnya, baik Lymslesia dan Gizel Godwin menolak menjadi pemilik selanjutnya.

Kekuatan Sun Rune bisa dikontrol oleh Dawn Rune dan Twilight Rune, apakah bisa atau tidak orang yang memegang Sun Rune juga bisa memegang dua artifak tersebut.


Dawn Rune
Pemilik sekarang: Tidak ada
Pemilik sebelumnya: Pangeran Faroush
Bagian yang tersisa setelah Night Rune berubah menjadi pedang dan berpisah dari Sun Rune, Dawn Rune salah satu rune yang ramah dan salah satu tiga harta Falena.

Berada di tangan kanan, Dawn Rune memberikan beberapa kekuatan, yang paling penting, kekuatan untuk menyembuhkan orang lain yang terluka parah. Kekuatan aslinya datang, namun, jika dikonjungsikan dengan Sun Rune. Kekuatan Dawn Rune , jika dikombinasikan dengan temannya, Twilight Rune, memberikan kekuatan kepada Sun Rune untuk menstabilkan dan mencegah pemilik Sun Rune dari kegilaannya yang disebabkan oleh Sun Rune.

Masyarakat Sindar, saat mereka tinggal di Falena, menggunakan kekuatan Dawn Rune secara luas. Ketinggian air di Danau Ceras bisa dikontrol melalui bendungan Sindar yang menggunakan tenaga dari Dawn Rune. Sindar membangun bangunan yang mirip di hutan bagian barat dan daerah pegunungan utara. Walaupun tempat itu tidak didesain secara spesifik untuk Dawn Rune, tapi Dawn Rune masi bisa mengaktifkan mereka.

Setelah Sindar lenyap, Dawn Rune disimpan di East Palace of Falena dengan proteksi sihir, tapi pada penyerangan ke istana saat 445 In Solis Dawn Rune menghilang. Secara resmi, sepertinya rakyat Lordlake, yang waktu itu memberontak, mengambilnya. Bagaimanapun, sebenarnya, yang mengambil Dawn Rune adalah keluarga Barows. Mereka menghasut rakyat Lordlake untuk menyerang East Palace saat mereka sedang protes mengenai pembentukan sebuah bendungan yang mencemari air mereka. Keluarga Barows menyelinapkan beberapa pasukan mereka ke para perusuh, dan menghasut mereka untuk menyerang istana. Dawn Rune jatuh dalam tangan Salum Barows, ia menyimpannya di lemarinya di bawah tanah dan terkunci. Hanya putranya Euram, tidak ada satupun orang yang tau rune dikunci disana. Untuk menghindari orang untuk mencari rune ini, Salum bilang kepada penjaga gudang , Chuck, bahwa ia menaruh hadiah pernikahan putrinya Luserina disana, sehingga Luserina tidak diijinkan masuk.

Tidak diketahui apa yang Barows rencanakan untuk Dawn Rune. Namun ada beberapa spekulasi yaitu untuk diberikan sebagai tanda persahabatan ke Armes, untuk diperdagangkan dengan Godwins, atau sampai ia tahu bagaimana cara menggunakannya.

Setelah Pangeran Faroush mengetahui persetujuan Salum dengan negara Armes, Euram memberi tahu bahwa Barows mempunyai Dawn Rune. Memasang puzzle bersama dengan cepat, Luserina membawa Pangeran Faroush ke ruang bawah tanah, dimana rune memilih Faroush sebagai tuannya.

Pangeran Faroush menyimpan rune ini selama perang sipil di Falena, menggunakan kekuatannya yang bermacam-macam di reruntuhan Sindar, untuk menyembuhkan pelindungnya Lyon dari luka yang bisa membunuhnya, dan mengontrol Sun Rune.

Setelah perang berakhir, Dawn Rune kembali ke tempatnya, dimana ia disimpan bersebelahan dengan Sun dan Twilight Rune.


Twilight Rune
Pemilik sekarang: Tidak ada
Pemilik sebelumnya: Lyon, Sialeeds Falenas, Alenia
Bagian yang tersisa setelah Night Rune berubah menjadi pedang dan berpisah dari Sun Rune, Twilight Rune salah satu rune yang unik dan salah satu tiga harta Falena.

Berada di tangan kiri, Twilight Rune memberikan beberapa macam kekuatan untuk menyerang. Saat dikonjungsikan dengan Sun dan Dawn Rune, kegilaan yang dialami pemilik Sun Rune bisa dihentikan, dan kekuatan rune akan seimbang.

Saat pemerintahan Queendom of Falena, Twilight Rune disimpan di West Palace. Perang sipil menjadi semakin panas antara pihak Pangeran dan pihak Godwin, Godwin memanggil kekuatan rune ini.

Pemilik pertamanya adalah Alenia, seorang Queen Knight yang loyal kepada pihak Godwin. Seorang perempuan yang ahli dalam hal rune Jeanne berhasil memasang rune itu ke Alenia, tetapi ia tidak bisa menahan kekuatan rune tersebut. Twilight Rune hanya mengijinkan orang tertentu yang bisa memegang penuh kekuatannya. Mengetahui ini, Gizel menyuruh agar rune itu dilepas dari Alenia.

Orang selanjutnya yang memegang rune ini adalah saudari ratu Arstat, Sialeeds. Tidak seperti Alenia, rune mengijinkan dirinya digunakan oleh putri Sialeeds. Sialeeds menggunakan kekuatan destruktifnya untuk tingkat yang hebat, menghancurkan penyergapan pasukan Godwin yang ditujukan kepada Pangeran Faroush.

Sialedds merencanakan bendungan inti di Sol-Falena, yang sekiranya bisa, menyapu pasukan Pangeran Faroush dengan gelombang pasang. Pangeran Faroush menyelinap ke bendungan, namun dihentikan karena sebuah pengelihatan dari Sol-Falena. Seseorang menggunakan Sun Rune. Kekuatan Dawn dan Twilight bisa memojokkan kekuatan destruktif tersebut, tapi luka yang dialami Sialeeds sangat parah, dan Twilight Rune berpindah ke pengawal Pangeran, Lyon.

Lyon menggunakan Twilight Rune di reruntuhan bagian utara, dan melawan Sun Rune lagi.

Setelah perang berakhir, Twilight Rune dilepaskan dan ditempatkan kembali ke proteksi sihir. Sekarang disimpan bersama dengan Sun dan Dawn Rune, daripada di tempat yang terpisah.


True Earth Rune
Pemilik sekarang: Sasarai
Pemilik sebelumnya: Tidak diketahui
True Rune yang melambangkan kekuatan bumi. Earth dan Mother Earth lahir dari rune ini. Saat ini dipegang oleh Priest General, Sasarai. Kekuatannya sangat banyak, memberikan perlindungan yang sangat hebat kepada pemiliknya.

True Fire Rune
Pemilik sekarang: Chris Lightfellow, Geddoe, atau Hugo
Pemilik sebelumnya: Flame Champion
True Rune yang melambangkan kekuatan api. Fire dan Rage Rune lahir dari True Rune ini. Saat ini dimiliki oleh flame champion yang baru, tapi sebelumnya dimiliki dan digunakan oleh Harmonia. Tersembunyi di dalam One Temple, rune ini dicuri oleh "Fire Bringer." Setelah itu, "Flame Champion" melawan pasukan Harmonia dan mengalahkan mereka dalam banyak pertempuran. Namun, Flame Champion menghilang setelah mengharapkan untuk terbebas dari takdir True Rune, melepaskan dari tubuhnya dengan menggunakan rahasia Sindar kuno. Rune ini memberikan mantra api yang akan melukai teman dan musuh jika di dalam area yang akan dimantrai.

True Lightning Rune
Pemilik sekarang: Geddoe atau Hugo
Pemilik sebelumnya: Geddoe
Sebuah True Rune yang melambangkan kekuatan listrik. Lightning dan Thunder Rune lahir dari rune ini. Rune ini merupakan salah satu harta suatu negara yang dihancurkan oleh Harmonia, tapi Geddoe kabur dari negara ini dengan True Rune. Kemudian dia meminjamkan kekuatannya kepada Flame Champion saat konflik besar di Grassland. Dia menyegel kekuatan True Lightning Rune sejak saat itu, tapi melepas segelnya saat Flame Champion War yang ke-2. Rune tersebut memberikan kekuatan untuk menyerang yang menakjubkan kepada pemiliknya.

True Water Rune
Pemilik sekarang: Chris Lightfellow atau Hugo
Pemilik sebelumnya: Wyatt Lightfellow
True Rune yang melambangkan kekuatan air. Water dan Flowing Rune lahir dari True Rune ini. Dimiliki oleh Wyatt Lightfellow, rune ini mengambil tempat pada Flame Champion War yang pertama, membantu Flame Champion bersama dengan True Lightning Rune. Setelah konflik itu, rune ini telah disegel dibeberapa tempat, tapi dibuka segelnya saat Flame Champion War yang ke-2, dimana rune ini berpindah dari tangan Wyatt ke tangan Chris atau Hugo. Rune ini memberikan kekuatan untuk menyembuhkan dan menyerang bagi pemiliknya.

True Wind Rune
Pemilik sekarang: Tidak diketahui
Pemilik sebelumnya: Luc
Sebuah True Rune yang melambangkan kekuatan angin. Wind dan Cyclone Rune lahir dari True Rune ini. Pemiliknya yang sekarang tidak diketahui, tapi sampai saat-saat terakhir dimiliki oleh Luc. Luc terlihat telah menggunakan rune ini untuk memanggil golem, dan ia juga menggunakannya untuk mengalahkan pasukan Harmonia pada Dunan Unification War. Dia juga berencana untuk menghancurkan True Wind Rune saat Flame Champion War yang ke-2, tapi digagalkan oleh flame champion yang baru.


Rune yang Sering di Salah Artikan
Karena kurangnya informasi,banyak orang yang sering berasumsi bahwa kalau beberapa rune adalah true rune, yang faktanya adalah bukan. Inilah beberapa rune yang paling sering disalah-artikan.


True Holy Rune
Pemilik sekarang: Stallion
Pemilik sebelumnya: Tidak diketahui
True Holy Rune, walaupun berpredikat true, namun rune ini bukanlah true rune. Menurut bahasa Jepang aslinya, "Shin shin gyou hou no monsyou" yang secara harfiah diterjemahkan dalam bahasa Inggris "True divine transportation method rune," (note. beberapa sumber menerjemahkan sebagai truly bukan true) dan berdasarkan pada benda nyata yang digunakan pada cerita orisinilnya, The Water Margin. Konami sudah mengkonfirmasi bahwa rune ini adalah support rune biasa.

Conquerer Rune
Pemilik sekarang: Tidak diketahui
Pemilik sebelumnya: Windy
Conquerer Rune sering dikira sebagai true rune, tapi beberapa pemikiran lain berkata berbeda. Mereka berkata bahwa Windy hanya bisa memegang dua true rune saja. Faktanya ia sudah memegang Front Gate Rune, dan ia juga bermaksud untuk mendapatkan Soul Eater yang jelas membuktikan kalau Conquerer Rune adalah rune biasa (sekalipun cukup langka). Juga, beberapa sumber menaruh rune ini ke kelompok "Miscellaneous Rune" (seperti pada official guide). Faktanya, Conquerer Rune hanya nama resmi dari Black Rune, yang Windy gunakan untuk mengontrol Kwanda dan Milich Oppenheimer.

Black Rune
Pemilik sekarang: Tidak diketahui
Pemilik sebelumnya: Windy
Baca Conquerer Rune.

Blinking Rune
Pemilik sekarang: Viki
Pemilik sebelumnya: Viki
Beberapa orang mengklaim bahwa Blinking Rune adalah true rune, namun tidak ada bukti dari sumber resmi untuk spekulasi tak beralasan ini.

0 komentar:

Posting Komentar